Toyota merupakan produsen yang paling besar dari mesin twincam, Toyota menawarkan twincam lebih dibanding pabrikan lain.
Permulaan
Produksi awal mesin Toyota twincam adalah 3M dan 9R. Kedua mesin ini diproduksi dari tahun 1966 sampai 1969, dan ironisnya tidak membawa desain mesin G. 3M adalah 2 valve Twincam 6 cylinder engine dengan menggunakan triple Mikunis di Toyota 2000 GT. umumnya sama dengan block M, kemudian di modifikasi selama beberapa tahun menjadi mesin 2M/4M/5MG/6MG/7MG dengan heads dan crankshafts yang berbeda. 9R adalah 2 valve Twin Cam 4 cylinder dengan twin Mikunis yang digunakan di Corona 1600GT. Tipe R seperti Toyota pada umumnya yaitu 4 cylinder pada tahun 60an.
Toyota 2000GT mempunyai record dalam catatan daya tahan, seperti di tahun 1968 Carrol Shelby dalam event SCCA dengan 2 mobil. Corona 1600 GT menjadi original Sport Compact. Ketika diperkenalkan paket yang tiada bandingnya oleh pabrikan lain di Jepang. Produksi bergerak kearah mesin 3M dan 9R secara terbatas, tetapi itu menunjukkan keuntungan Toyota dari desain Twincam.
Masa Produksi
Mesin 2TG dan 18RG menjadi produksi massal yang asli dari Toyota Twincam. Pada pengenalan ini produksi mesin twincam banyak digunakan untuk kereta, mobil di seluruh dunia. Penggunaan mesin di Jepang dan regional ( Asia) banyak meraih kemenangan sehingga Toyota mengklaim sebagai technology driven company
Mesin 2TG diperkenalkan di Jepang tahun 1970 untuk seri Corolla/Sprinter. Dan terbagi dalam berbagai versi sampai tahun 1984. 1600Cc 2TG datang dengan twin-side Mikunis dengan model 2TG, 2TGR, dan 2TGU dan fuel injection di 2TGEU. Dan kemudian terakhir menjadi 3TGTE. TRD dan aftermarket menyajikan banyak komponen dan 1750cc / 2000 cc merupakan konversi yang sangat populer.
18RG pertama kali diperkenalkan sebagai 8RG dan sementara juga sebagai 10RG ( keduanya 1968cc) pada tahun 1971 secara berturut-turut digunakan untuk CELICA GT dan Mark II GSS,. 2000Cc 18RG muncul pada tahun 1974 dengan twin-side Mikunis pada 18RG, 18RGR, dan 18RGU. Dan fuel injection pada 18RGEU. Di AS, upgrade ini sangat populer pada Celicas dan Toyota Pick-ups. Bentuk 2200Cc sangat populer dan bahkan sampai 2400cc. Toyota juga memproduksi dalam jumlah terbatas twin-plug 18RGs.
3TGTE menggantikan 18RGEU pada Celicas di tahun 1983. 3TGTE ( 1770cc), merupakan twin-plug versi klasik dan trouble-free 8-valve 2TG / 18RG cylinder head mempunyai CT20 Turbo. 4TGTE mendapat pengesahan untuk Rally Grup B. dimana mempunyai piston dan crankshaft yang berbeda. Mesin ini mendapatkan Championship honors di FIA World Rally Cup Group B SuperCar series.
Mesin ini tidak pernah diimport oleh Toyota AS. Sampai Toysport mengimpor , mesin ini menjadi sangat populer di semua Corollas, Carinas, Celicas, dune buggies, and replika Lotus 7
Generasi kedua six-cylinder twincam 5Mg 2800 dan 6MG 3000 tiba pada tahun 1982, lebih dari suatu dekade setelah 3M. Mesin ini mengesankan inovasi Head-Design yang tidak memerlukan pemeliharaan ekstra untuk penyesuaian klep. Mesin ini diterapkan pada banyak sedan terkecuali Supra dan Soarer. Ini merupakan langkah penting Toyota twincam yang pertama dan tersedia dalam banyak model.
Di dalam tehnologi Toyota, banyak mengidentifikasi tipe mesin yang berbasis alpha/numeric, seperti :G menandakan twin cam “sport”; R untuk “regular gas”; U untuk ‘unleaded” control emisi; T untuk turbo; Z untuk Pompa kompresor; E untuk injeksi.
Multi-Valves
Ditransfer dari dalam balapan, teknologi 4 valve menyajikan suatu evolusi Cylinder block dan headsToyota ( Sebelumnya semua blocks Toyota pada dasarnya blok generasi pertama Toyota yang mempunyai bentuk wujud silinder yang berbeda: 4-cylinder K- di bawah 1200, T- di bawah 1600, R- di bawah 2000; 6 cylinder M- 2000 dan diatasnya. Akhirnya, K- yang ditingkatkan ke 1800, T sampai] 1800, R sampai 2400, dan M sampai 3000.)
Di tahun 1984, generasi ke 4, Toyota Twin Cam 4 valve, 4AGE/16 dan 1GGE/24 dilepaskan. mula-mula dibuat seperti Laser” lightweight series, perubahan penting adalah dibuat pada blok mesin dengan disain ringkas, tuangan dinding tipis, dan lightweight crankshafts. Kebetulan Toyota memutuskan menggunakan aluminum campuran logam pada block mesin! 4AGE 1600 16 valve diikuti 4AGZE dilengkapi supercharged. Demikian juga, 1GGE 2000 24 valve juga mempunyai suatu versi yang dilengkapi dg supercharged 1GGZE / turbocharged 1GGTE.
Di tahun 1986, 3SG 2000 dan 7MG 3000 dirubah menjadi mesin 4-valve dan keduanya diikuti oleh versi turbocharged 3SGTE dan 7MGTE. 3SGE/TE kemudian juga mempunyai versi, dengan bentuk seperti lama dan piston ber;ubah
Tahun 1990, Tipe M akhirnya digantikan oleh 1JZGE 2500 / 2JZGE 3000. Secara alami models 1JZGTE turbo / 2JZTGE melengkapi model dasar. aftermarket benar-benar bereaksi sehingga mencapai kejayaan dengan kemampuan 800 HP.
F Type High-Torque
Pengembangan Berlanjut dari tipe G Sport Twin Cam dilengkapi dengan aplikasi untuk sedan yang semakin nyaman. Desain Twincam yang baru , tipe F dengan ciri ” 4 valve” diperkenalkan di 1987. Ini menggantikan semua SOHC (single overhead cam) pada E, A, dan S. Tipe F Twincam menyajikan pencapaian tingkatan sesuai peraturan emisi dan disetel terutama untuk RPM cepat/ putaran tinggi. perkecualian terkemuka untuk 4EFTE adalah mesin “sport” dengan menggunakan tipe F. seri E menggantikan K di kelas bawah 1500cc.
Semua mesin baru dari Toyota yang berikut adalah: NZ ( di bawah 1500cc), RZ dan TZ ( di atas 2000cc) 4 mesin silinder; Mz V6 dan UZ V8, semua diperkenalkan dengan tipe F Twincam dan sesudah itu diupgrade ke spesifikasi VVT. Kebanyakan mesin Toyota yang sekarang menggunakan tipe F cylinder head, memungkinkan Toyota untuk melanjutkan klaim sebagai penyalur terkemuka dunia untuk mesin Twincam dan V6 dan V8s.
Variable Timing +
Di tahun 1992, diterima 4AGE 1600 VVT (Variable Cam Timing individual throttle bodies, dan extra valve 4AGE 20V! yang memproduksi 160 HP, padahal sejenisnya 10 HP untuk tiap-tiap 100cc. Mesin balap yang dapat diperbandingkan dengan masa awal twincam! Dengan 1997, JZ enam silinder dan 3SGE beams gained VVT .
Akhirnya 3SGE menjadi Dual VVTI dan di produksi untuk Altezza. 3SGTE tidak pernah mempunyai VVTI head, tetapi diupgrade internal dan diijinkan turbo untuk menghasilkan 260 HP.
2ZZGE 1800 menjadi yang paling baru dan barangkali merupakan seri yang terakhir dari mesin G Twincam. Penggunaan aluminum blok juga suatu yang pertama untuk performa mesin Toyota. Corak Up-graded meliputi pemilihan waktu dan variable lift, dan setelan intake manifold.
Koneksi dengan Yamaha
Koneksi dengan Yamaha diperlukan untuk mengembangkan Toyota 2000GT dan Yamaha merupakan mitra Toyota di dalam perancangan mesin tipe G. Kebanyakan mesin/heads, mencakup 3SGE/3SGTE ( sekarang generasi ke empat di dalamnya), spesifikasi Previa TZFE/Z ( tidak ada hubungan dengan mesin tipe T yang lebih tua), dan mesin 2ZZGE yang paling baru merupakan rancangan dari Yamaha. Yamaha juga memasang kebanyakan mesin Toyota dari tipe G.
( 4AGE dan 2JZGE heads merupakan buatan dan desain milik Toyota, walaupun banyak komponen masih dibuat dan disediakan oleh Yamaha).
Technology Driven
Desain klasik Twincam telah bekerja dengan baik untuk Toyota dan merupakani tenaga bagi semua performa Toyota yang dicapai dari model ini. Generasi sekarang merupakan multi-valve/ variable cam timing Twincam tipe G mesin 2JZGE, 3SGE, 2ZZGE merupakan evolusi yang terakhir dari Toyota, dan mesin tipe F, digunakan juga untuk lexus
Tidak ada pabrikan lain yang dapat mengakui keunggulan menyeluruh atas produksi yang mendasarkan mesin Twincam. Walaupun pabrikan lain memanfaatkan keuntungan-keuntungan teknologi Twincam, mesin Toyota telah membuktikan tak ada bandingnya dan lebih tahan lama.
Mesin Toyota twincam telah diproduksi dalam banyak variasi: 1000cc ke 5700cc; 2 atau 4 atau 5 valve per cylinder; normally-aspirated, turbocharged, dan supercharged.
Future Hybrid Twin Cam
Toyota Twincam akan tetap berada di garis terdepan teknologi Toyota. Dengan semua mesin Toyota sekarang meliputi bentuk Twincam yang manapun Jenis F atau G, diyakinkan bahwa Toyota Twincam akan menggerakkan masa depan Toyota. Prius 1NZFXE 1500cc membuktikan Twincam mempunyai Kecocokan dengan electric motor. Dan 3MZFE 3300cc dikombinasikan dengan Dual electric di dalam riset. ” Electric Supercharger ” menjadi kekuatan untuk masa depan.
(sumber: tysport-cic yogyakarta)